Kamis, 26 April 2012

5 Tips Sebelum Masuk Kuliah

Sebelumnya sya ucapkan selamat bagi teman2 yang lulus dari SMU/SMK atau yang setingkat. Jika teman2 yang baru lulus dan bingung kemana mau melanjutkan pendidikan maka berikut ini adalah 5 tips yang bisa membantu teman2 sekalian :
 
  1. Teman2 harus melihat mata pelajaran yang sangat teman2 sukai/kurang disukai saat masih di sekolah, hal ini menjadi penting banyak teman2 mahasiswa yang terjebak dengan hal ini, misalnya kurang suka dengan matematika/fisika/kimia tapi mau kuliah jurusan Akutansi/Teknik wah itu bahaya bisa jadi bunuh diri.untuk menghadapi hal ini sebaiknya teman2 melakukan cek terlebih dahulu mengenai mata kuliah yang ada pada jurusan yang teman2 inginkan, bisa lewat website kampus, brosur atau datang langsung ke kampus tersebut.
  2. Setelah menentukan pilihan jurusan, hal berikut yang harus dilihat adalah akreditasi jurusan  kenapa?, saat ini banyak perusahaan BUMN maupun SWASTA  yang menyertakan akkreditasi jurusan sebagai syarat penerimaan pegawainya. (CEK AKREDITASI)
  3. Menentukan kampus apa yang harus dipilih swasta atau negeri menurut saya sama beda2 tipis asalkan akreditasi jurusannya minimal B dan masa berlaku yang masih panjang. tapi saya sarankan coba di Kampus Negeri dulu biasanya agak murah.
  4. Bagi teman2 yang kurang mampu sebaiknya cari informasi mengenai kampus2 yang banyak menerima kerja sama beasiswa  searching aja digoogel banyak tuh.
  5. Bagi teman2 yang telah memiliki keinginan untuk melanjukan S2, saya sarankan untuk memilih kampus yang meliliki jenjang S2 kenapa?, semua kampus rata2 memberikan diskon/potongan bagi alumi yang ingin melanjutkan S2 di kampus yang sama (lumayan kurangi beban orang tua)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar